Home » » Cara Memperbaiki Motherboard Laptop Rusak 2015

Cara Memperbaiki Motherboard Laptop Rusak 2015

Written By samsul on Selasa, 09 Juni 2015 | 22.24

Cara Memperbaiki Motherboard Laptop Rusak - itulah judul artikel kali ini, dan saya akan berbagi tips dan trik seputar motherboard yang rusak. apa kendala motherboar laptop anda? tak usah repot ke tukang service lagi karena kali ini saya akan share beberapa tips inti yang harus anda lakukan untuk memperbaiki motherboard laptop anda yang rusak.

langsung saja kita bahas step-stepnya:

Cara Memperbaiki Motherboard Laptop Rusak

  1. Jika laptop tidak menyala menggunakan baterai, silahkan mencoba dengan menggunakan adaptor AC. Perhatikan dan lihat apakah LED pada lampu laptop menyala, menandakan bahwa adaptor terdeteksi. Jika ya, maka Anda jack power bekerja.
  2. Jika notebook masih tidak menyala, bongkar laptop dan keluarkan baterai. Carilah pertama untuk baterai CMOS keluar kan. Jika model laptop khusus Anda memiliki lebih dari satu baterai, seperti baterai multi-port atau handle battery, keluarkan juga. Tindakan ini harus bisa menjadi master reset. Cobalah start laptop lagi dengan menggunakan adaptor AC.
  3. Jika masih tidak menyala, maka kemungkinan besar bahwa masalahnya adalah memori. Apa yang perlu Anda lakukan adalah re-seat modul memori. Jika ada lebih dari satu, buka dan pasang kembali pada slot yang berbeda atau ditukar. Cobalah booting lagi. Jika tidak bekerja, maka coba jalankan dengan hanya satu modul, cara ini untuk mengetahui modul mana yang rusak.
  4. Sebaiknya persempit masalah dengan melepas setiap komponen “tidak perlu” untuk sementara waktu, misalnya melepas HDD, CD / DVD drive, dan modem dan / atau kartu nirkabel. Jika mungkin, keluarkan juga modul kartu suara (jika terpisah). Untuk meminimalkan kemungkinan penyebab, Anda dapat melepas panel LCD juga. Coba jalankan cara ini. Jika laptop boot, coba menghubungkan masing-masing konektor satu persatu, boot up di antara proses satu persatu ini untuk melokalisasi masalah.
  5. Di sisi lain, jika Anda telah melepas komponen laptop tadi dan masih menolak untuk POST, maka kemungkinan motherboard adalah akar masalahnya. Pilihan lain untuk sementara adalah mengganti modul memori dengan yang baik. Coba tes lagi.
  6. Sebagai usaha terakhir, jika Anda sudah familiar dengan menggunakan multimeter, coba memeriksa tombol power dan melihat apakah itu benar-benar “switch” atau tidak. Anda juga dapat memantau tegangan sirkuit VRM (apakah ada atau tidak mendapat listrik). Verifikasi resistensi antara tempat-tempat umum (seperti memverifikasi apakah motherboard grounded atau tidak.
  7. Sekarang mari kita bicara tentang skenario masalah lain. Jika notebook Anda selalu “lupa” system clock, maka hampir selalu mengarah ke baterai CMOS rusak. Bongkar laptop, cari baterai, ukur dengan multimeter atau voltmeter, dan jika perlu, lakukan penggantian. Jika laptop start tetapi ada beep tertentu maka periksa kode “beep” melihat kesalahan. Cari tahu BIOS notebook Anda memiliki (mungkin itu bukan AMI, Award, atau Phoenix).
  8. Namun, jika Anda masih tidak dapat mendiagnosa masalah dan laptop benar-benar tidak ada tanda-tanda kehidupan, kemudian bawa ke pusat perbaikan. Tetapi bisa juga bahwa Anda telah menemukan masalahnya sekarang, setidaknya mari kita berharap begitu.

    Para ahli telah merekomendasikan ebook ini untuk sarana / panduan belajar lebih dalam lagi tentang ilmu komputer, maka dari itu ebook ini sangatlah bagus bagi orang-orang seperti anda.

    Silahkan download ebooknya di bawah :


    Inilah rekomendasi ebook lebih lengkapnya :

    Jika Anda membeli paket DISKON 50% di atas anda akan mendapat semua ebook ini di tambah BONUS ebook di bawah :

    Itulah rekomendasi ebook yang saya sarankan untuk anda yang ingin menjadi teknisi handal komputer. ebook ini sangat cocok bagi pemula, karena anda akan di pandu mulai awal , dan semoga ebook ini menjadi jalan pintu sukses anda. Itulah artikel tentang Cara Memperbaiki Motherboard Laptop Rusak.semoga artikel Cara Memperbaiki Motherboard Laptop Rusak bermanfaat untuk anda sekalian.
Share this article :
 
Support : Cara Memperbaiki Motherboard
Copyright © 2013. Cara Memperbaiki Motherboard Rusak - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger